Selasa, 13 April 2010

3R + 1R = 4R :)

3R itu apaaa ?

Hmm, 3R itu singkatan dari Reduce, Reuse and Recycle.

Reduce itu artinya ngurangin penggunaan bahan-bahan yang bisa ngerusak lingkungan. Beberapa contoh Reduce itu kayak ngurangin belanja barang-barang yang ngga diperluin. Trus juga ngurangin penggunaan kertas tissue dengan sapu tangan, ngurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online, dan lainnya.

Reuse itu pemakaian kembali, contohnya kayak nyumbangin baju ke panti asuhan. Selain ikut menjaga bumi kita, kita juga dapat membantu orang kaaan ?

Recycle itu mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organic di rumah kita. Kayak ngedaur ulang botol plastic. Botol plastic yang udah ngga dipake dan udah ‘bekas’ bisa kita gunain jadi pot taneman !

Hmm, judul postingan di atas kok 3R + 1R = 4R ?

Karena, selain 3R itu, ada yang lain yaitu Repair. Repair itu yaaa kayak pelengkap dari 3R..

Repair sendiri adalah memperbaiki, jadi Repair itu usaha perbaikan demi lingkungan. Contohnya kayak kita memperbaiki sepatu kita yang jebol, jadi kita ngga perlu beli sepatu baru.

Hmm, sebenernya banyak kan cara yang bisa kita lakuin buat membantu nyegah global warming. Sayangnya, banyak orang yang belom peduli akan hal itu. Oke, yuk kita selametin bumi kitaaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar