Selasa, 13 April 2010

Daur Ulang : Kertas !

Kertas..kertas..kertas..dan kertas

Kita sangat ngebutuhin kertas dalam hidup kita

Buat sekolah, kerja, semua make kertas. Mungkin terkadang kita boros menggunakan kertas. Tapi itu semua salah, kita harus hemat dalam nggunain kertas. Soalnya, kertas itu dibuat dari bubur kayu, bubur kayu kan dari pohon. Kalo kita boros kertas, sama aja kita boros pohon :P

Kertas sendiri kalo uda ngga digunain dibuang. Contohnya kertas koran. Koran kalo beritanya uda kuno, bakalan dibuang gitu aja. Padahal, koran kalo didaur ulang bisa jadi benda yang berguna, kayak bingkai photo, tirai, tempat pensil yang buat di meja belajar, kotak tissue, dan sebagainya.

Cara ngedaur ulang koran atau tissue itu gampang kok . bahan yang kita perluin cuma kertas koran dan airpanas . lalu , kita membutuhkan alat – alat , yaitu blender , ayakan , dan baskom . lalu , lakukan lah beberapa langkah di bawah ini :

1. Masukin air panas ke dalam baskom

2. Sobekin kertas koran jadi kecil-kecil .

3. Habis itu , masukin potongan kertas koran tadi ke baskom yang berisi air hangat . di rendem selama kurang lebih 5 menit .

4. Setelah itu , masukan kertas koran yang sudah di rendem tadi ke dalam blender . beri sedikit air .

5. Lalu , blender kertas koran tadi agar menjadi bubur kertas .

6. Letakan bubur koran tadi di atas ayakan , lalu keringkan selama kurang lebih 2 jam tepat di bawah terik matahari .

7. Setelah kering , ambil secara perlahan kertas tadi , lalu kertas itu siap di gunakan !!

Hmm , gampang kaan ?? haha ! :)

Kalo gak bisa , masih banyak cara lain untuk mengurangi sampah kota selain di daur ulang . kan kita bisa ngejual koran kita ke orang yang membutuhkan. Atau kita kasiin ke pemulung. Bagi mereka itu sangat berguna lhoo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar